Kebaikan Yang Sederhana

…… dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik. [al-Baqarah/2:195]. 
Berbuat baiklah, karena Allah menyukai kebaikan, meskipun itu sederhana. Sekedar tersenyum penuh ketulusan kepada tetangga kita, mencabut tanaman yang layu di pinggir jalan, memberikan tempat duduk untuk para tua renta di dalam bus, sekedar membeli barang dagangan yang dijajakan para pedagang kaki lima, membeli jajanan yang di jajakan para tua renta. Kebaikan yang sederhana itu megah jika kita tulus melakukannya.

Terkadang untuk berbuat baik, kita terlalu banyak menimbang, berpikir dan berspekulasi, padahal jika kita luruskan niat saja... Insya Allah kebaikan itu akan datang dengan sendirinya. Misalnya saja ketika kita bertemu dengan pedagang kaki lima yang menjajakan dagangannya, walau cuma pecel uleg, gethuk atau mungkin kopi sachet. Belilah, dan lebihkan uangnya, jadikan lebihan itu sedekah. Apalagi jika ternyata yang jual adalah kakek atau nenek tua renta, sapa mereka, beri senyum bahagia dan rasa hormat kepada mereka. Belilah dagangan mereka meski kita tidak butuh. Bantulah mereka untuk bisa menyambung hidup hari itu. Bisa jadi dengan sedekah yang tidak seberapa itu Allah mudahkan aktivitas dan urusan kita.

Terkadang untuk sekedar menyapa dan tersenyum bahagia kepada tetangga pun enggan. Padahal Rasullulah bersabda "Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya ia memuliakan tetangganya." (Muttafaq alaihi). Masya Allah, maka berbuat baik kepada tetangga adalah salah satu ciri muslim yang baik, meskipun sekedar tersenyum dan menanyakan kabar.

Kebaikan yang sederhana lain misalnya ketika sepanjang perjalanan kita menemukan tanaman-tanaman yang layu atau kucing-kucing jalanan yang kelaparan. Berbuat baik kepada tanaman dan hewan termasuk akhlak yang baik. Jika melihat tanaman yang layu, cabutlah atau siramlah dengan air agar sang tanaman dapat kembali tumbuh subur. Ketika bertemu dengan kucing yang kelaparan di jalanan dan kita memiliki makanan, berikanlah sedikit. Sahabat Rasullulah SAW bertanya; "Apakah berbuat baik kepada binatang ada pahalanya? Rasullulah SAW bersabda: Setiap yang bernyawa ada pahalanya." (HR. Bukhari Muslim). Ya Robbana...Allah Maha detail dalam setiap detik kebaikan yang umatNya lakukan, bukan?.

Lalu, sudahkah kita berbuat baik hari ini? ❤️ Jangan berhenti jadi orang baik yaa, karena menjadi baik itu baik. Insya Allah.

Semarang, Februari 2018
#muhasabahmenjelangtidur
#janganlupawudhu
#janganlupabacaAlMulk

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia