Berhijab Syar'i? Aduuuuh Aku Belum Siap!

"Duh Ken, ga ribet apa pake hijab segede gambreng? Klewer-klewer gitu? Kamu tu kemana-kemana pake rok terus, olahraga jugak? duhhhhh kayak ibu-ibu deh, ga panas apa gerah gituuuu? Kamu kan masih muda, ga mau modis gituuu, pake celana joger pants pake pashmina yang cantik, dandan dong Ken.... Kamu polosan ajaaaa sih.... Kamu ga takut susah dapet kerjaan, susah dapet jodoh?"

Dudududududu.... Kurang lebih begitu yang temen-temen tanyakan soal hijab. Well, enggak papa sih, itu berarti pada kepo dan sayang sama akuuh #tsahhh 😜 Jadi gini men temen... Hijab itu bukan hanya pakaian untuk menutupi aurat saja tapi juga pakaian taqwa, salah satu bukti kecintaan kita pada Allah. Soal kerjaan dan jodoh, Hmmm... Bukankah jika kita berpakaian sesuai syariat Allah, Allah akan tempatkan kita dan pilihkan kita pekerjaan terbaik dan jodoh yang sholih? #ehemmm, siapa yang gak mauuuu?. Nah, ada ayatnya juga loh di Qur'an yang mewajibkan untuk berhijab: QS. Al Ahzab 59 dan QS. An Nur 30-31 (yuk buka mushaf) ❤

“Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al Ahzab: 59)

Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung. (QS. Annur: 31)

Nah, terus gimana soal hijab? Sebenernya ada ketentuan ga sih? Apa yang dimaksud hijab syar'i? Kenapa kita semestinya berhijab syar'i? Iyesss banget, apalagi untuk muslimah. Pakaian longgar, tidak ketat (tidak membentuk lekuk tubuh), tidak nerawang, tidak terlalu mencolok warnanya, tidak menyerupai pakaian laki-laki, sederhana dan tidak berlebihan. Ini nih yang dimaksud berhijab syar'i:

1. Pakai jilbabmu agar mengulur ke dada, bukannya dililit ke leher atau pakai banyak model. Biasanya makin sederhana, makin indah sesuai perintahNya.
2. Pakai jilbabnya yg tidak tembus pandang ya. Kalau tipis didobel saja. Sekarang banyak gerai jilbab syar'i kok, banyak juga jenis khimar yang tebel. 
3. Pastikan rambutmu dikepang atau diikat, bukan dibuat seperti punuk unta karena Allah pasti murka. Jadi jilbabmu sederhana tapi mulia
4. Pakaian yang dipakai tidak ketat, longgar gituuu, kan makin cantik dihadapan Allah dan ga terlalu mencolok warnanya (entar dikira badut loh, hehehe)
5. Pakaian yang dipakai tidak menyerupai laki-laki (misal pake celana model cowo cowo jaman now gituuu yang sobek-sobek, mending pake yang anggun, yang baik namun sederhana)

"Duh Ken...namanya ciwi-ciwi yah, pengennya tampil cuantik maksimal dongs?" Iyesss banget, tampil cantik boleh banget, tapi di depan mahram. Dandan maksimal juga boleh (pake make up cetar gituu) boleh, tapi di depan mahram (gini2 akuu bisa dandan loh 😁 Entar kapan-kapan kuajarin tutorial makeup natural yah). Eh, kan kita bisa perawatan, biar muka halus dan ga berjerawat bisa loh maskeran bahan alami, misalnya pake minyal zaitun (yang pure olive oil), rajin bersihin muka, rajin luluran, rajin mandi (hihihi), mengatur pola makan yang baik (banyak minum air putih dan olahraga :).

Kalo sehari-hari mah biasa aja, pake yang nyaman, pake yang kece boleh kok, asal ga berlebihan 😊 "Duh Ken, aku belum bisa... Berhijab Syar'i? Aku belum siap, aku mau ngejilbabin hati dulu lah..." Enggak papa lah sayang... Namanya juga berproses. Nah, soal jilbabin hati, percaya deh... Kalau kita menjalankan aturan Allah dengan berhijab, Allah akan berikan kebaikan hati loh. Dan tenang aja, hijab ga bakal membatasi aktivitas kok. Semoga Allah mudahkan para muslimah berhijab syar'i yah ❤❤❤ semoga dengan berhijab Allah makin sayang, Kutunggu syar'imu shalihaaaaat 🌷

Kuy! Berhijab Syar'i bareng-bareng, biar bisa ke Surga bareng-bareng jugaaak.

Februari, 2018

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia