Merubah Dunia Dengan Kata

"Apabila seseorang telah meyakini bahwa kematian akan menghentikannya dari beramal, pasti ia akan mengerjakan sesuatu yang pahalanya mengalir pasca kematiannya. Ia akan : Mewakafkan tanah, menanamkan tanaman, menggali sumur, mengusahakan keturunan yg akan mengingat Allah sepeninggalnya, atau menulis buku"
-Ibnu Al-Jauzi-

Mempersiapkan bekal terbaik untuk akhirat bukanlah hal yang sepele. Perlu banyak ikhtiar, komitmen yang kuat kepada Allah untuk terus berbuat kebaikan serta berusaha berjuang untuk kemaslahatan ummat. Salah satu yang menjadi ikhtiarku adalah "Menulis Buku". Menulis buku yang kelak dapat menjadi inspirasi banyak manusia untuk berbuat baik, berupaya baik dan tak lelah menebar kasih sayang. 


Menulis adalah mengekspresikan karya melalui bahasa pena, itulah setidaknya yang dapat meredakanku dari pikiran, imaji dan doa yang terus menerus tak henti kulantunkan untuk bangsa ini. Kesibukan pekerjaan tak lantas membuatku berhenti berkarya, bahwa menulis adalah bahagiaku yang sederhana. Menyelesaikan beberapa tulisan sesekali terjebak dalam ruang-ruang imajiku tersendiri. Menciptakan diksi-diksi indah yang akan kutuangkan dalam sepenggal kalimat, paragraf dan beberapa bait puisi.

Sastra menenggelamkan pikiran dan hatiku pada cintaNya yang sungguh agung. Allah Maha Besar, aku membuktikan dari betapa Allah sungguh menyentuh hatiku dan seakan berkata: "Kamu harus berkarya!". Sesekali aku berpikir pada kondisi negaraku saat ini. Entah, bagaimana bisa aku yang hanya warga biasa, bukan siapa-siapa begitu kalut dengan nasib bangsa ini. Berpikir bagaimana bisa aku terasa asing di negeriku sendiri. Sungguh, aku ingin menulis kegamangan ini. Mungkin aku tidak akan pernah sanggup menuliskan seluruh hal yang ada di dalam pikiran ku, berat rasanya jika semua yang kurasakan kutuangkan. Terkadang terhenti dalam sekat-sekat nuraniku. 


Mengunjungi kota ke kota, bertemu dengan banyak karakter manusia menempaku untuk terus menerus berkarya. Karya terbaik adalah karya yang menghantarkanmu pada ridhoNya. Salah satu yang ingin ku kampanyekan adalah "Merubah Dunia Dengan Kata". #changetheworldwiththewords. Semoga lebih banyak hal baik yang bisa menjadi amal untuk kita persembahkan kepada Allah. Dengan kata kita bisa merubah dunia dengan kata kita bisa menjadi inspirasi kebaikan untuk orang lain. Bagiku, berkarya dengan kata, menuliskannya dengan indah adalah salah satu bentuk rasa syukurku kepada Allah. Betapa Allah telah menciptakan diksi indah nan puitis.



Karena Menulis itu Berjuang, Ayo menulis!
November, 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia

Sibling Rivalry

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework

Laut tak pernah meninggalkan pantainya :)