1 Ramadhan, Momentum Untuk Berubah

Love is everywhere
So much peace fills up the air
Ramadan month of the Quran 
I feel it inside of me, strengthening my Iman

[Maher Zain, Ramadhan]

Alhamdullilah, finally Ramadhan! Bulan yang sungguh dirindukan datang. Terima Kasih Ya Rabb, telah memberikan kesempatan kami untuk merasakan kecupan manis bermunajat kepadaMu di bulan ini. Terima kasih telah memberikan kami karunia untuk merasakan betapa cintaMu sungguh amat dekat. Terima kasih telah memberikan kami anugerah berupa shiyam dan qiyam yang penuh barokah. Alhamdullilah, Alhamdullilah, Alhamdullilah.

Saatnya untuk menyusun proposal hidup setahun ke depan, dengan berusaha memperbaiki diri di hadapan Allah. Momentum terbaik untuk berubah menjadi pribadi yang lebih bertaqwa, better than before. Saatnya untuk meminta ampun atas segala kesalahan dan kekhilafan yang pernah ditorehkan baik lisan maupun perbuatan. Saatnya bangkit dari keterpurukan, saatnya untuk berubah!.

Sungguh, kebahagiaan hakiki dari seorang manusia adalah dicintai Allah dan RasulNya tanpa batas, tanpa hisab. Dan keberuntungan sejati dari seorang manusia adalah mendapat ridho dan maghfirahNya. Sungguh, Allah amat sangat menjaga kita meskipun dosa kita sebanyak buih di lautan, Allah menutup aib kita meskipun kita sering lalai dari perintahNya. Faghfirlii Ya Rabbi...

Momentum terbaik untuk berubah, inilah bulan terbaik untuk berubah menjadi pribadi yang lebih hebat di mata Allah. Dari segi ibadah, menjadi lebih khusuk ketika bersujud. mencurahkan segala jiwa raga untuk bersimpuh di hadapanNya. Perihal khusuk ini pun perlu dipersiapkan dan dipelajari dengan sungguh. Karena khusuk pun harus diperjuangkan. Cobalah untuk mencari cara agar setiap ibadah yang kita lakukan fokus dan khusuk. Dalam sholat misalnya, memahami gerakan sholat dan arti bacaan sholat serta makna sholat membantu kita untuk menjadi lebih khusuk.

Momentum terbaik untuk berubah dalam segi amal, inilah bulan terbaik untuk berinvestasi akhirat dengan karya amal yang menghantarkan kita menuju surgaNya. Menjadikan amal sebagai penyemangat setiap harinya dapat dimulai sejak pagi hari. Bersedekah di pagi hari misalnya, birrul walidain di pagi hari, bersemangat bekerja karena Allah di pagi hari termasuk dalam karya amal yang baik. Mulailah sejak pagi dan istiqomahkan setiap hari. Termasuk ketika bermuamalah dengan sesama manusia. Rencanakan dan persiapkan, karena setiap amal akan tercatat dan menjadi timbangan kelak di akhirat.

Ramadhan, momentum terbaik untuk berubah dalam segi akhlak. Terkadang, kita ini sungguh egois. Menuntut orang lain memahami dan mengerti kita, menuntut orang lain mengikuti idealisme kita, tapi justru sebaliknya kita tidak mampu sedikitpun memahami dan mengerti orang lain. Atau kita marah ketika orang lain menasehati kita, meluruskan kesalahan kita, padahal melalui perantara merekalah Allah menjaga kita. Hanya saja kita tidak peka. Inilah sebagian kecil dari contoh berakhlak. Karena akhlak terbaik adalah akhlak yang tercermin dalam sikap dan perilaku. Seperti kata Aisyah RA, "Akhlak Rasullulah seperti Al Quran."

Ayo berubah! Lebih banyak muhasabah dan menghisab diri, lebih banyak mengakui kesalahan dan meminta ampunan kepada Allah. Tidakkah menderita jika Allah cabut hidayah lezatnya iman dan bermunajat kepadaNya?.

Happy Ramadhan, mohon maaf lahir batin, semoga setiap detik yang kita lalui senantiasa diridhoiNya. Semangat Berubah! Jadikan Ramadhan momentum terbaik untuk berubah menjadi lebih baik, menjadi baik itu baik, bukan?. 

Wallahu Alam Bishawab. 

1 Ramadhan 1438 H
@kenulinnuha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Samudra

Belajar Dari Daun

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Laut tak pernah meninggalkan pantainya :)