JANGAN BAPER

Tulisan ini didedikasikan untuk adik-adik binaan sholih-sholihah :) Semoga inspiring yaa :).

Ukhti shalihah calon penghuni surgaNya Allah yang hatinya lembut, bila ada ikhwan yang bersikap baik padamu, terjemahkan itu sebagai hal yang lumrah, sebab sudah naluri laki-laki bersikap baik pada perempuan. Kebaikan ikhwan yang mungkin menurut kalian spesial jadikan itu hal biasa yang sudah semestinya dilakukan sebagai sesama saudara muslim. Misalnya saja: 
1. Bila barangmu jatuh dan dia ambilkan, itu normal. Tidak ada yang spesial. (Jangan baper)
2. Bila kamu bertemu di jalan dan dia mengucapkan salam, bukan berarti dia tertarik, dia sedang menjalankan sunnah. Bila di antara teman-temanmu hanya kamu yang disapa, jangan baper, bisa saja kebetulan dia hanya ingat namamu. (Jangan baper)
3. Bila suatu saat dia membalas chatmu memakai emot, bukan berarti dia ada rasa, bisa saja sebagai pencair suasana pertemanan. Cukup itu saja. (Jangan baper).
4. Bila ia suka like status FBmu, comment PM BBMmu, like IGmu, love Pathmu, follow dan retweet twittermu bukan berarti ia ada rasa, bisa saja ia memang eksis di dunia maya. (Jangan baper).

Akhwat yang baik tentu tidak terlalu lebay dalam berinteraksi dengan ikhwan, sewajarnya saja. Bila si ikhwan sudah ada kecenderungan 'modus' yang terlalu ekstrim maka tegaslah, katakan saja bahwa hal yang dilakukan tidak baik. Jangan membuka celah atau peluang modus dengan terlalu 'dekat' dan sering 'curhat'. Tegaslah!. Dalam hal tegas ini pula juga jangan terlalu galak, bersikap tegas dengan kelembutan lebih baik bukan?. Pada dasarnya rasa kecewa itu karena diciptakan sendiri, dimunculkan sendiri karena keliru dalam menanggapi sikap lawan jenis. Sudah sifat asli perempuan mudah terbawa perasaan, oleh karena itu:

Akhi yang perlu kalian lakukan adalah:
1. Bila ada akhwat yang sedang bersedih, jangan kamu datang sendiri menghibur, biarkan teman perempuannya yang mendatangi. Atau mintalah tolong pada akhwat lain untuk menolongnya. (Jangan biarkan dia baper)
2. Tak perlu menawarkan bantuan bila kau lihat dia bisa melakukan sendiri atau sahabatnya bisa membantu (Jangan biarkan dia baper)
3. Jangan mencandainya perihal hati, bercanda tentang perasaan pada lawan jenis bukanlah hal yang lucu (Jangan biarkan dia baper)
4. Jaga selalu kehormatan dengan tidak menebar pesona. Jaga kehormatan akhwat dengan tidak bersikap terlalu manis pada mereka. Bersikaplah sewajarnya. Banyak hal yang tidak disengaja bisa menimbulkan baper. Tinggal bagaimana kita pandai-pandai mengelola perasaan kita.
5. Jangan terlalu GR jika ada akhwat yang baik, bisa jadi itu memang karakternya baik kepada semua orang. Jika akhwat tersebut sudah berlebihan maka bersikaplah tegas namun tetap lembut. Ingat lho ya, akhwat selalu menggunakan perasaan maka bersikaplah sewajarnya saja.

Seni mengelola hati pada hakikatnya mudah, asal yang paling utama dalam hati kita adalah Allah. Yuk lebih baik rajin  kuliahnya, semangat ibadahnya dan gaspol amal sholihnya. Semangat menjadi umatNya yang santun yaa :).

JANGAN BAPER.

Komentar

Anonim mengatakan…
:-)

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia

Mengapa Takut Pada Lara?