Historian Fever

Siapa ya yang bisa kuajak diskusi soal sejarah islam?

Dek Bre benar-benar sibuk jadi abdi negara. Hingga bbm maupun whatsapp saya tak dibacanya. Padahal sudah jelas, kakak pertama yang paling dicintainya ini sangat membutuhkannya untuk sebuah diskusi panjang mengenai sejarah peradaban islam. Arrrrrgggggfhhhhhhhh, saya sudah benar-benar menunggu masa-masa berdiskusi asyik dengannya. Harapan itu kandas sudah.

Coba Niken email Prof. Ahmad Mansur Suryanegara, maybe beliau bisa diajak sebagai teman diskusi. Itupun kalau Niken punya nyali untuk mendiskusikan sejarah yang menjadi makanannya sehari-hari. Sudah pasti kalah telak tak berkutik. Tapi coba saja, barangkali setidaknya bisa mengobati dahagamu soal sejarah peradaban islam.

Hmm.. tentu saja itu hanya ilusi. Tidak mungkin seorang pendobrak sejarah mau meladani akhwat seperti saya, yang baru-baru ini, ya setidaknya dua tahun belakangan ini cinta banget sama sejarah. Dek Bre memang luar biasa. Dia berhasil membuat saya penasaran sekali.

Alhasil saya membaca buku sejarah peradaban islam yang saya beli sendiri, berpikir sendiri, searching di google, diskusi dengan akal dan hati sendiri. It's very incredible :). Menciptakan ruang-ruang imajinasi sendiri.

"Kamu aneh, Ken! Mana ada akhwat yang punya hobi kayak kamu. Si kutu buku yang hidup dengan dunianya sendiri! Menciptakan dunia baru dalam tulisan-tulisan di blog atau duduk menyendiri dengan buku-buku yang selalu berganti. Mana ada juga jaman sekarang. Kamu aneh.. Ngobrol sama kamu selalu tentang sastra, seni, buku atau tulisan."

Hah? Apa saya se-aneh dan se-angker itu ya? Hingga sahabat saya mengatakan hal itu?. Masya Allah.. Benarkah itu? Saya menciptakan dunia sendiri dan benar bahwa saya satu-satunya manusia yang sedang hidup dalam dunia imajinasi? Dunia berisi seni, sastra, buku dan tulisan? Hmm.. maybe benar. Karena belum ada yang bersedia masuk ke dalam dunia saya ini. Mereka hanya tertahan di pintu terdepan, tidak mau mengetuk pintu.. maybe ;).

Apalagi soal history.. Ya Allah Niken.. kamu ketularan dek Bre ya? Yang otaknya cerdas dan keterlaluan pinternya? Apa haus ilmu? Apa ngapain sih?.

What? Masya Allah.. mungkin benar. Tapi really.. ini pure karena ketidaktahuan dan curiosity saya yang terlalu besar soal history. Banyak keajaiban islam yang luar biasa di dunia. Dan saya butuh mengetahuinya. Hopefully..

history menelisik lebih dalam apa sebenarnya makna sebuah peradaban
yang dibangun atas dasar kemanusiaan dan nurani
history tidak hanya about masa lampau
tapi bagaimana kita memaknainya sebagai sebuah takdir

Allah begitu luar biasa menyampaikan pendarNya hingga ke relung hati manusia
termasuk kepada relung hati saya, yang begitu antusias pada kisah pendahulu
tidak banyak yang memahami hakikat perjalanan melalui sebuah peradaban
dan sejarah menjawab itu semua

history, just capture your dreams and make your dreams come true

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia