Apa yang membuatmu sedih?

Apa hal yang paling membuatmu sedih?

Pertanyaan yang sangat sulit untuk dijawab bukan? Kalau ga dijawab nanti dibilang baper, kalau dijawab dibilang sok dan munafik. Astagfirullah.. setiap orang memang punya pandangan sendiri atas apa yang dilihatnya, apa yang didengarnya dan apa yang diyakininya. Kita sebagai manusia hanya bisa memahami dan berusaha untuk tetap pada cintaNya saja, agar segala perasaan yang dirasa hanya kepada Allah saja.

Apa yang membuatmu sedih?
Ketika segala amal yang kau perjuangkan sia-sia di mata Allah. Ketika segala amal yang dilakukan ternyata penuh riak-riak bernama riya'. Ketika segala kebaikan yang dilakukan ternyata tidak bernilai apapun di hadapan Allah. Ketika kemunafikan sudah mendarah daging dalam hatimu, akalmu dan jasadmu. Ketika segala ibadahmu hanya untuk pujian bukan ridhoNya. Ketika dakwahmu hanya agar dianggap sholih/sholihah bukan untukNya.

Apa yang membuatmu sedih?
Ketika hatimu keras, tak bisa menerima nasehat baik dari siapapun, tak bisa memahami perasaan orang lain. Ketika lisanmu tajam mengiris hati sesamamu, melukai hati orang lain tanpa empati sama sekali. Ketika tak ada lagi kebaikan yang bisa kau perjuangkan. Ketika di sekelilingmu hanya ada kemunafikan, kemungkaran dan permusuhan. Ketika tak ada lagi ukhuwah yang manis dan membahagiaakan. Ketika tak ada lagi ruang maaf yang menentramkan.

Apa yang membuatmu sedih?
Ketika engkau lebih memilih menghabiskan waktumu untuk duniamu yang gemerlap. Ketika engkau tertatih-tatih membuka mata untuk bersujud di sepertiga malamNya. Ketika lisanmu tak bisa melantunkan zikirNya. Ketika pikiranmu terkuras bukan untuk dan kepadaNya. Ketika air matamu penuh karena tak pernah kau teteskan saking kerasnya hatimu, saking penuhnya noktah hitam bernama prasangka, saking jahatnya kau di dunia. Ketika seluruh rizkimu dari pekerjaan yang tidak amanah. Ketika seluruh amalmu hanya debu-debu beterbangan yang habis terbakar di makan riya'.

Apa yang lebih baik dari itu semua?
Ketika engkau teramat cinta padaNya hingga air matamu mengering meminta ampunan atas segala dosa-dosa se luas samudra, setinggi langit dan se lebar jagad raya. Apa yang engkau sombongkan? Tetap pada cintaNya saja dan tetap pada ridhoNya saja. Engkau bukan siapa-siapa. Hanya makhluk kecil dari ciptaanNya yang luar biasa.

#MuhasabahHariIni
Faghfirlii Ya Rabbi.. Faghfirlii..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia