You Must Read!

Ini sebenarnya gegara adik saya Bre Ikrajendra yang demen banget baca buku sejarah, all about history memang ga ada yang bisa ngalahin dia dalam keluarga kami. Dek Bre hampir hapal di luar kepala sejarah bangsa Indonesia berikut detail basic nya, juga sejarah dunia dan especially islam history. Saya sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan genre history apalagi yang sifatnya shock effect. Saya lebih suka travelling book, novel, atau self help, beda jauh dengan kesukaan adik saya yang anti mainstream itu.

Pernah suatu hari, saya diskusi tentang Salahuddin Al Ayyubi dengan dek Bre. Dan benar saja, saya kalah telak. Juga pernah suatu malam saya berdebat mengenai sejarah tokoh Tan Malaka. Saya benar-benar ciut, ibarat main catur, saya sudah skak mat. Mungkin karena saya sedikit sekali membaca buku sejarah. 

Terkadang saya iri dengan dek Bre, dia bisa menuntaskan membaca buku dalam 2 hari tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai hambaNya juga abdi negara Indonesia. Dan tanpa dibeli. Betah berjam-jam di toko buku untuk membaca buku -gratis. Dan baru-baru ini saya ditantang untuk membuat sebuah tulisan tentang sejarah. Surely, saya menolak dengan tegas. Just Reading, enjoy your book, just it!. 

Dalam rak buku di rumah kami, buku Dek Bre semuanya adalah buku sejarah dan politik. Terlalu berat dan kadang bikin males buat baca. Tapi lagi-lagi jas merah, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Maybe kebanyakan dari kita ini terlalu pusing memikirkan diri pribadi sehingga tak pernah tau awal dari peradaban hidup ini. Dan lagi-lagi dek Bre menyadarkan saya, bahwa sejarah adalah fakta yang perlu diluruskan jika ternyata memang bengkok. Sejarah boleh saja dibuat tapi kebenaran akan tercium kelak. Dan kesadaran ini setelah saya membaca beberapa buku sejarah milik dek Bre.

Setelah Dari Puncak Baghdad karya Tamim, Dari Puncak Andalusia karya Dr Tariq, what else, Dek?, tanya saya pada dek Bre. You Must Read Api Sejarah 2 Mba!. Api sejarah 1 keren kan dan uda pernah dibaca, coba baca yang kedua lebih keren beribu-ribu lipat. You must Read!. You Must!. Dan banyak banget yang pasti nanti bikin Shock effect, Mba!. 

Oke deh... kali ini Mba menerima tantanganmu Dek, di sela-sela kesibukan yang teramat sangat. And finally... I'm Currently Reading :)


**Cek Goodreads saya yaa ikhwah, yuk diskusi buku bareng :) Don't forget gerakan baca 25 per hari yaa :).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework

Ramadhan is loading...

Tak Ada Beban Tanpa Pundak