Don't Worry Cats! [ Tips Mudik Untuk Pemilik Hewan Peliharaan]

Assalammualaykum readers.. Good nite, :) Penulis pengen ngasi tips nih bagi yang punya hewan peliharaan. Especially si puss meong. Kebanyakan orang pas mudik pasti nitipin kucingnya di pet shop. Maybe biar ga khawatir ya sama keselamatan si kucing. Tapi, bagi yang tau caranya, si pussy bisa tetep stay at home. Berikut tips nya:
1. Pastikan kucing peliharaan bukan kucing anggora tulen atau persia tulen. Karena kucing jenis ini ga tahan kalo air minumnya ga diganti. Atau tempat makannya kosong apalagi tempat pup nya kotor. Dijamin dia stress. Kucing jenis ini lebih baik diajak mudik atau dititipkan di pet shop.
2. Kucing yang bisa stay at home selama sang empunya mudik adalah kucing kampung atau kucing blasteran. Taruh aja dia di halaman belakang rumah, ga perlu dikasi kandang. Justru kucing jenis ini kalo dikasi kandang malah stress. Biarkan kucing ini berlari-larian kesana kemari atau pergi ke luar rumah. Toh nantinya pasti kembali.
3. Sebelum mudik, mandikan kucing, kasi sabun atau shampoo biar wangi. Jangan lupa, mandiin kucing kampung perlu teknik lho. Kalo langsung diguyur air bisa-bisa kita kena cakarannya. Yang pasti harus lembut.
4. Bersihkan tempat minumnya, isi di beberapa wadah (jumlah tergantung berapa lama kita mudik), juga sebar wadah makanan di beberapa titik. Perlu diperhatikan makanan yang diberikan jangan yang lembek atau basah. Berikan makanan berupa snack kering kesukaan. Misal rasa tuna. Perhatikan juga Ph nya atau derajat keasamannya, jangan terlalu tinggi. Bisa-bisa baru makan dikit, pupnya lembek dan si pussy bisa mencret.
5. Beli pasir khusus pup kucing yang baru. Jangan tempatkan pasir di bawah sinar matahari atau ruang terbuka. Kalau tiba-tiba hujan, pasir bisa basah dan si pussy bisa pup sembarangan. Taruh di halaman belakang rumah yang terhindar dari hujan.
6. Bikin mainan sederhana, misal bola pingpong yang dikaitkan dengan tali atau mainan lainnya. Tujuannya biar si pussy ga stress.
7. Ajak bicara, eh ini beneran lho. Uda bertahun2 di tinggal mudik, kucing2 saya selalu nurut. "Puss, jangan nakal yaa, jangan main jauh2 yaa..pup nya jangan sembarangan ya", si pussy pasti nurut :). Heehee
Selamat mencoba. Semoga berhasil yaaa :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia

Mengapa Takut Pada Lara?