Renungan di Pojok RS. Tlogorejo: 'Jaga Kesehatan, Ken'

"Tante masuk rumah sakit Ken, pagi ini dibawa ke Tlogorejo, sudah parah, mohon doanya ya.."
Pesan singkat itu mengagetkanku. Ada perasaan kawatir yang 'nyess' di hati. Tante Etik masuk rumah sakit lagi? Batinku. Masya Allah, sudah berapa kali? Aku menghela napas dan berdoa, Ya Allah tolong sembuhkanlah. Beri kesempatan Tante untuk melihat Salma lulus.
Sakit itu anugerah, seperti 2 tulisanku sebelumnya. Karena dengan sakit kita mengingat betapa sehat adalah sesuatu yang amat berharga. Karena dengan sakit kita lebih dekat denganNya. Setiap yang terlantun adalah kalimat zikir yang meneduhkan. Namun alangkah baiknya jika sejak dini kita mempersiapkan diri untuk hidup sehat. Agar setiap virus atau bakteri ga mau mampir ke tubuh kita.
Sejak sakit kepala hebat 10 tahun yang lalu Dan berteman dengan obat Yang lumayan banyak dengan dosis tinggi membuatku sadar bahwa sakit itu sesungguhnya cara Allah mengingatkan bahwa tubuh kita perlu dijaga kesehatannya. Dengan pola makan yang sehat, istirahat cukup Dan olahraga teratur. Sejak saat itu aku tau betapa berharganya kesehatan itu.
Melihat Tante memiliki banyak pantangan dalam makan membuatku sedih. Terbaring di tempat tidur rumah sakit, berteman dengan infus, tidak bisa beraktifitas seperti biasa membuatku sadar bahwa 'Kamu Harus Sehat Ken, banyak amanah yang belum kau selesaikan, banyak juga cita2mu yang belum kau wujudkan, ayo Semangat'. Ya Allah, semoga engkau berikan kesehatan kepada hamba...
Temen kantor bilang aku terlalu sehat dalam urusan pola makan. Bukankah itu yang sebaiknya kita lakukan ya? Cara mensyukuri nikmat Allah dengan menjaga ciptaanNya. Apa yang masuk ke dalam tubuh tentu menentukan sehat tidaknya kita. Aku termasuk orang yang memang agak riwil untuk urusan ini. Actually aku memikirkan bagaimana nanti generasiku bisa sehat Dan kuat jika aku tak memperhatikan kesehatan?. Bagaimana nanti ketika berkeluarga bisa menjadi istri sholehah Dan ibu teladan jika menjaga kesehatan untuk diri sendiri aja ga bisa?. Ibuku mengatakan bahwa perkara menjaga kesehatan ini sangatlah penting.
Aku termasuk orang yang sangat suka minum air putih. Entah kenapa sejak kecil ibu membiasakan kami untuk minum air putih. Ternyata air putih memang baik sekali untuk tubuh. Dari kecil ibu membiasakan anaknya juga untuk membawa bekal. Ibu juga mengikuti pola hidup sehat. Ibu mengatakan, 'Inilah cara kita bersyukur Nak.. ' ternyata benar ya, ibu bisa menjadi wanita karir juga ibu rumah tangga yang melayani suami Dan memberi teladan dengan sangat baik kepada anak-anaknya. Membuat kami menjadi anak-anak Mandiri yang sehat Dan kuat. Walaupun tanpa rewang kami dilatih untuk melakukan semuanya secara Mandiri. Termasuk pola hidup sehat :).
So ikhwah, ingatkah pepatah yang mengatakan bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat? Indah bukan jika kita mensyukuri setiap nikmatNya dengan pola hidup sehat? :).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework

Sibling Rivalry

Laut tak pernah meninggalkan pantainya :)