Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Tetaplah disini
Di jalan dakwah ini, bersama kafilah dakwah ini
seberat apapun perjalanan yang harus ditempuh
sebesar apapun pengorbanan untuk menebusnya
Tetaplah disini
Jika bersama dakwah saja engkau serapuh itu,
Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?
(KH. Rahmat Abdullah)

Amanah tidak pernah salah langkah, amanah tidak pernah berada pada pundak yang salah. Amanah juga tak mungkin ditujukan pada mereka yang tak mampu. Allah punya cara terbaik melukiskan setiap episode kehidupan dan membingkainya dengan hikmah.

Jalan dakwah ini memang masih panjang, penuh perjuangan walau harus terhenti dalam persimpangan. Namun tetap saja lurus kedepan. menatap tujuan yang bermuara padaNya.

Allah menempatkan di tempat terbaik dan kondisi terbaik. walau perjuangan dakwah harus dilalui dengan air mata dan begitu luar biasa kuatnya bertahan. Allah yakin bahwa setiap perjuangan yang dilalui sejengkal saja menjadi pahala disisiNya.

Aku yakin, seberat apapun perjalanan yang harus ditempuh, selama Allah masih menjadi yang pertama dan utama di hati. Segalanya menjadi mudah. Aku yakin, sebesar apapun pengorbanan untuk menebusnya selama Allah masih menjadi yang paling dicintai. Segalanya menjadi hikmah yang membahagiakan.

Kerapuhan karena memikirkan perjuangan dakwah ini adalah tanda cinta yang teramat dalam padaNya. pada tegaknya panjiNya. Rapuh bukan berarti mundur dalam barisan dakwah. Rapuh karena tak mampu melaksanakan semua perjuangan ini sendiri. tanpa partner, tanpa mereka yang bisa diajak diskusi.

Namun, aku yakin... Allah sebaik-baik pemberi amanah. Allah sebaik-baik pemberi karunia. Selama Allah masih dihati, maka kerapuhan dan tangisan sedalam apapun tak mampu tergoyahkan.

Jika bersama dakwah saja engkau serapuh itu,
Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Mungkin aku tak kuat jika harus melakukan semuanya sendirian, tapi aku yakin Allah akan selamanya mendampingi. Bersama dakwah ini... Allah Ghoyatuna... Bersama dalam barisan dakwah ini dalam cinta dan harmoni.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sabar Seluas Samudra

Tak Ada Beban Tanpa Pundak

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework