Financial Management Art >> Bekal Masa Depan :)

Assalammualaykum ikhwah fillah.. What happen this day? Hopefully Friday barokah yaa :*.

Ada satu moment special hari ini. Barakallah Mba Aat :*. Semoga menjadi keluarga sakinah, mawaddah, warrahmah yaa.

Hari ini rombongan Cab PKPU Smg go to kota bahari, Tegal. Berasa mudik ya actually. He he :) love this city very much. Special buat dateng ke walimahnya Mba Aat, salah satu karyawan KCP Tegal divisi keuangan.

Ada yang lebih spesial sbnrnya, ketika perjalanan menuju kesana dg kereta, along the journey, there are important conversation between us. Yup, something like "mood booster".

Kami membicarakan tentang rumah tangga. Menyatukan 2 karakter berbeda, komunikasi intensif hingga seni mengelola uang dalam berumah tangga. So excited kan?. Maybe krn rombongan kami kebanyakan sdh berumah tangga maka obrolan paling asik memang tentang itu. Itung2 belajar Dan berguru pada yang sudah berpengalaman.

Nah, hal yang paling jadi obrolan panjang adalah about financial. Seni mengelola keuangan. Krusial Dan penting banget ya?.

Skrg ini, ketika masih single mungkin pengelolaan keuangan masih kita handle sendiri ya? Dimana kebutuhan kita masih sebatas pada pulsa, bensin, kost Dan konsumsi sehari2, juga sedekah Dan mengirim pada orang tua. Kita belum memikirkan beli susu, pampers, bayar sekolah anak, bayar cicilan KPR rumah, cicilan motor, asuransi pendidikan anak, asuransi kesehatan, atau kebutuhan mendesak lainnya seperti iuran sosial kemasyarakatan.

Ternyata kompleks yaa? Dan kita perlu belajar. Yup, penting banget dipelajari sebagai bekal kelak ketika berumah tangga. Bukan karena mentang2 orang keuangan trus detail banget ngurus beginian yaa, namun memang financial management art itu penting pake banget.

Dari ilmu yang aku dapet tadi, perlu ada komunikasi terkait dengan kebutuhan selama 1 bulan. Apakah sepenuhnya di penuhi oleh Suami atau dijadikan satu gaji Suami Dan Istri. Hindari spekulasi, maksudnya membeli sesuatu yang sdg tak dibutuhkan dan tau2 habis sebelum akhir bulan. Rencanakan tabungan berencana, misal tabungan pendidikan anak. Bisa dalam bentuk asuransi atau tabungan.

Yang terpenting Dari financial management art adalah komunikasi. Klo sudah sama2 sekufu atau setuju maka tinggal jalan aja. Lagi2 ini adalah pembelajaran yang Sgt penting. Especially for me.

Rigit, detail Dan fokus memang uda jadi makanan sehari-hari, namun sekali lagi ketika sudah berumah tangga, istri sendiko dhawuh atau saminaa wa athonaa :*, karena dengan menaati Suami insya Allah terbuka Jalan ke surga. Aamiin :).

Semisal istri juga bekerja Dan berpenghasilan sendiri maka perlu juga ada komunikasi, apakah penghasilan tersebut milik diri sendiri sepenuhnya Dan bisa dibelanjakan apa saja, atau milik bersama dalam Arti mendukung penghasilan Suami. Nah ini tergantung hasil komunikasi tadi.

Jazakumullah rekan2 atas ilmu yang subhanallah luar biasanya hari ini. Friday barokah Jumat Mubarok :). Insya Allah kelak akan terealisasi. Walaupun masih belajar yaa? He he.

Happy financial management art, ikhwah, semoga bermanfaat yaa ^^. Good night readers, semoga bs bermesraan di sepertiga malam bersamaNya, met rehat ^^.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework