Modifikasi dakwah :)

Ada sebersit kekecewaan ketika menghadapi para generasi muda yang tergerus fenomena Gaul metropolitan. Mengikuti gaya kebarat-baratan, Dari gaya rambut, fashion baju hingga cara berpikir. Sedih Dan menyayat hati memang, seakan budaya Islam menjadi hal yang ketinggalan jaman bagi mereka.

Sebenarnya, mengikuti cara barat tidak ada salahnya. Justru bisa menjadi modifikasi dakwah dalam menghadapi generasi muda masa kini. Berdakwah melalui seni misalnya, film, buku Dan musik. Kalo bukan kita yang memodifikasi Dan memberikan alternatif hiburan asyik bernapas islami untuk mereka, siapa lagi?.

Bagi seorang dai, memiliki wawasan Dan sikap Gaul penting juga lho. Mudeng diajak ngomong soal film, musik, Dan dunia gemerlap lebih baik. Sehingga dari itu qt bisa memberikan alternatif dakwah yang lebih nyampe ke mereka. Itulah mengapa Alm.Uje begitu lekat dengan anak2 muda.

Generasi muda bisa dibilang generasi emas pendobrak peradaban, di pundak merekalah bangsa ini akan ditegakkan. Berdakwah ke mereka saat ini tidak tepat jika sifatnya menggurui Dan memaksa. Kita ajak sesuatu yang asyik tapi mengena dalam sanubari.

Mungkin bisa tuh ngadain konser smbil pengjian, yang bnyak dilakukan dai2 muda saat ini. Ngaji smbil ngemall, atau sesuatu yang membuat mereka "enjoy". Jalan2, travelling, naik gunung, outbound sambil ngaji bareng. Lebih asyik Dan mengena.

Modifikasi dakwah perlu juga tanpa mengurangi esensi dakwah itu sendiri. Hingga pada akhirnya, mereka generasi muda siap menerima estafet kepemimpinan yang berlandaskan nilai2 islami. Merubah peradaban yang adil Dan sejahtera. Insya Allah :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sabar Seluas Lautan dan Hati Sejernih Langit

Sekuat Apa Jika Kau Seorang Diri?

Sabar Seluas Samudra

Fitrah Based Education [Part 3]: Framework

Fitrah Based Education [Part 1]: 8 Fitrah Manusia